Radiocarpal Joint dan Midcarpal Joint


Wrist kompleks terdiri atas : radiocarpal joint, midcarpal joint, dan intercarpal joint. Tulang-tulang yang membentuk wrist kompleks adalah : distal radius, scaphoideum (S), lunatum (L), triquetrum (Tri), pisiform (P), trapezium (Tm), trapezoideum (Tz), capitatum (C), dan hamatum (H). Hand komplek terdiri atas : carpometacarpal I – V, metacarpophalangeal I – V, dan interphalangel I – V. Tulang-tulang pembentuk hand kompleks adalah : barisan distal carpal, 5 tulang metacarpal, dan 14 tulang phalangeal. Wrist kompleks adalah multiartikular dengan 2 sendi utama yaitu : radiocarpal joint (wrist joint), midcarpal joint. Wrist kompleks merupakan biaxial joint yang menghasilkan gerak palmar fleksi, dorsofleksi, radial deviasi & ulnar deviasi.

BACA JUGA:  Biomekanik Elbow dan Forearm (Lengan Bawah)


Radiocarpal Joint

Radiocarpal joint dibentuk oleh ujung distal radius yang konkaf dan diskus radioulnar dengan scaphoid, lunatum dan triquetrum yang konveks. Radiocarpal joint merupakan condyloid/ ovoid joint dan biaxial joint. Sendi ini diperkuat oleh ligamen collate-ral lateral (radial) dan ligamen collateral medial (ulnar), ligamen bagian anterior dan bagian posterior. Ligamen bagian anterior : lig. radiocarpal anterior dan ulnocarpal anterior serta ligamen bagian posterior : lig. radiocarpal posterior dan ulnocarpal posterior. Triquetrum bersendi langsung dengan diskus artikularis. Ketiga tulang carpal yang bersendi dengan radius diikat secara bersamaan oleh ligamen interosseus. Karena permukaan yang konveks bergerak terhadap konkaf maka gerak slide berlawanan arah dengan gerakan fisiologis tangan


BACA JUGA:  Sistem Lever


Midcarpal Joint
Midcarpal joint dibentuk oleh baris proksimal carpal yang bersendi dengan baris distal carpal. Sendi ini memiliki kapsul yang bersatu dengan sendi-sendi intercarpal. Barisan proksimal carpal adalah os sca-phoid, lunatum dan triquetrum. Barisan distal carpal adalah trapezium, trapezoid, capitatum dan hamatum. Midcarpal joint merupakan gliding/plane joint  hanya memberikan gerak slide. Midcarpal joint diperkuat oleh lig. interosseus intercarpal & lig. capitotri-quetral, lig. radiocarpal ant. dan post. serta lig. pisohamatum. Midcarpal joint memberikan kontribusi yang besar terhadap gerak palmar dan dorsofleksi. Pisiforme merupakan tulang carpal yang bukan merupakan bagian wrist kompleks.

BACA JUGA:  Tipe Tulang serta Pertumbuhan dan Perkembangan Tulang