FRICTION (Gaya Friksi)


Friction adalah gaya tahanan yang muncul ketika suatu tubuh bergerak atau cenderung bergerak melalui permukaan sanggahan. Kemampuan untuk berjalan dan untuk menggenggam berbagai obyek dengan kedua tangan adalah bergantung pada gaya frictional.
Gaya friction dapat mencegah terjadinya gerakan seperti penggunaan rubber (karet) pada permukaan sanggahan. Gaya friksional yang dihasilkan selama gerakan dinamakan dynamic friction, sedangkan limiting friction adalah gaya friksional yang dihasilkan ketika terjadi slide disekitar permukaan sanggahan. Limiting friction mempunyai gaya friction yang lebih besar sampai mencapai nilai maksimum daripada dynamic friction.
Gaya frictional maksimal (limiting friction) bergantung pada :
1. Besarnya tahanan (pressure) dari permukaan sanggahan
2. Sifat material/bahan dari permukaan dan efek yang ditimbulkan berkaitan dengan derajat kekasaran permukaan.
Hal ini dinamakan dengan Co-effisien friction dan dinyatakan dengan simbol ?. Co-effisien friction untuk kruk yang berujung rubber di atas permukaan lantai keramik adalah 0,30 – 040 ?, sedangkan co-effisien friction pada kruk yang sama di atas kayu atau papan yang kasar adalah 0,70 – 0,75 ?. Dengan demikian, gaya frictional yang besar dapat terjadi pada permukaan yang kasar. Penggunaan talcum powder (bedak) atau oil (minyak) pada permukaan sanggahan dapat lebih besar menurunkan gaya friction dan menghasilkan gerakan yang lebih mudah, sedangkan penggunaan suspension dapat mengeliminir seluruh tahanan frictional. Dengan meningkatkan gaya frictional, juga dapat memberi keamanan dalam latihan seperti lantai gymnasium yang non-slip, alas kaki yang non-slip, alat bantu berjalan yang berujung rubber, dan lain-lain.
Dalam praktek, gaya friction dapat dimodifikasi dengan cara :
1. Mengubah sifat permukaan kontak dengan menggunakan bahan/material yang mempunyai co-effisien friction (gaya friction) yang besar atau kecil. Sebagai contoh, tapak sepatu yang rubber mungkin lebih efektif daripada tapak sepatu yang berkulit keras tetapi gaya friction yang dihasilkan akan bergantung pada permukaan jalan.
2. Mengubah gaya berat yang menekan permukaan. Sebagai contoh, sebuah back pack yang diikat pada punggung seseorang dapat menyebabkan peningkatan total berat tubuh yang menekan ke bawah terhadap permukaan sanggahan.

BACA JUGA:  Titik Berat Tubuh