Defenisi Agility (Kelincahan)


Agility adalah kemampuan untuk mengubah arah tubuh dalam pola yang efisien dan efektif serta untuk mencapai suatu kombinasi dari :

• Balance (keseimbangan) :


  • Kemampuan untuk mempertahankan equilibrium ketika diam atau bergerak (bukan jatuh) melalui aksi koordinasi dari fungsi sensorik (mata, telinga dan organ proprioceptive pada sendi-sendi).
  • Static Balance adalah kemampuan untuk mempertahankan pusat massa tubuh diatas dasar tumpuan dalam posisi diam (tak bergerak)
  • Dynamic Balance adalah kemampuan untuk mempertahankan balance dibawah pengaruh perubahan kondisi-kondisi dari gerakan tubuh.
BACA JUGA:  Penanganan Cidera Pada Atlit

• Speed (kecepatan) adalah kemampuan menggerakkan seluruh bagian tubuh dengan cepat.

• Strength (kekuatan) adalah kemampuan suatu otot atau group otot untuk mengatasi suatu tahanan.

• Koordinasi adalah kemampuan untuk mengontrol gerakan yang saling bekerjasama dengan fungsi sensorik tubuh seperti menangkap sebuah bola (bola, tangan dan koordinasi mata).

Agility ladder (kotak kelincahan)
Pada olahraga kompetisi yang beragam, tubuh secara konstan dituntut untuk melakukan gerakan dari berbagai derajat sendi. Tujuan utama dari program agility ladder adalah untuk mempermudah cakupan gerakan luas yang berbeda-beda pada kaki dan pola-pola gerakan. Gerakan-gerakan skill ini dapat menjadi gerakan alamiah kedua dan tubuh mampu dengan cepat merespon berbagai derajat gerakan yang diperlukan dalam olahraga kompetisi.

BACA JUGA:  Penyebab dan Gejala Strain

Kami dapat memperbaiki agility dengan melakukan latihan gerakan dalam program training dan agility ladder merupakan alat esensial/penting dalam program agility yang sempurna. Standar ladder adalah 10 yard panjangnya dengan ukuran kotaknya 18 inchi tetapi anda dapat mengkonstruksi sendiri ladder tersebut dengan menggunakan stick (tongkat) atau tape (pita). Ketika memulai program agility ladder perlu diperkenalkan 2 – 4 gerakan. Sekali anda dapat menguasai pola ini maka akan diperkenalkan beberapa pola yang baru.