Prinsip Dasar Dalam Aplikasi Penggunaan Bandage


Perawatan luka : Pengobatan pertama diberikan pada luka terbuka; bandage dapat diaplikasikan setelah pengobatan.

Pelapis/bantalan : Condylus, tendon, dan saraf atau titik tekanan lainnya dapat ditutup/ dilapisi dengan bantalan bandage.


Bandage dengan bentuk lubang : Tempurung lutut (patella), ankle, dan bagian yang menonjol lainnya dapat dikelilingi oleh potongan karet busa untuk membentuk proteksi disekitarnya.

Proteksi kulit : Kulit dapat diproteksi dengan adhesive bandage yang tipis. Bandage ini juga berperan untuk menstabilisasi dan memfasilitasi pemberian bandage tambahan atau bantalan yang mungkin diperlukan.

BACA JUGA:  Penggunaan Fungsional Bandage

Positioning : Aplikasi bandage yang tepat dapat mengurangi nyeri dan stress pada sendi. Otot diposisikan sedemikian rupa sehingga origo dan insersio otot dalam keadaan relaks. Dengan cara ini, nyeri dapat dikurangi dari adanya traksi dan stretching serta menurunkan terbentuknya jaringan parut (ukuran scar tissue menurun). Preventif bandage dapat diaplikasikan pada tungkai sementara pasien berdiri dan dapat diaplikasikan pada lengan sementara duduk.

Perbaikan efektifitas : Kompresi oleh bandage dapat ditingkatkan dengan pemberian gumpalan/kapas, kain kasa, atau karet busa. Ikatan tambahan dari adhesive tape dapat memperbaiki stabilitas bandage.

BACA JUGA:  Cold Therapy Pada Fase Rehabilitasi

Waktu Aplikasi : Adhesive bandage yang nonelastik untuk pencegahan hanya dapat diaplikasikan untuk training dan kompetisi, dimana bandage ini dapat dilepas setelah pemakaian. Bandage untuk tujuan rehabilitasi, secara konstan selalu dicek dan sering diganti untuk menghindari kerusakan yang lebih berat. Jika berkembang pembengkakan kearah distal pada bandage atau jika suplai darah terbatas maka tekanan bandage dikurangi, atau jika perlu dipotong sisi atasnya, atau dilepas dan diperbaharui. Seluruh durasi aplikasi bergantung pada luasnya injury dan kecepatan penyembuhan.

BACA JUGA:  Ukuran Padang Olahraga

Pelepasan bandage : Aplikasi bandage tipis dibawah bandage utama dapat mempermudah pelepasan bandage. Adhesive bandage dapat dilepas dengan baik dalam air pancuran atau bak mandi. Tekanan melawan kulit dapat dengan mudah dilepas atau diganti dengan bandage lain.