Terapi Akupresur Itu Apa ?


Terapi AkupresurTentunya sudah banyak orang yang mengenal tentang ilmu penyembuhan akupunktur. Dimana metode ini menggunakan jarum sebagai media pengaktifan peredaran energi vital atau Chi dalam tubuh.

Nah akupresur ini mirip dengan akupunktur tersebut, hanya saja media yang digunakan bukan lagi jarum, melainkan menggunakan jari, tangan maupun bagian tubuh lainnya.


Sungguh sang Pencipta telah menganugerahkan kepada kita berbagai macam nikmat. Di saat tubuh kita merasa sakit, ternyata Dia telah lebih dahulu memberikan kita media untuk dapat menyembuhkannya.

BACA JUGA:  Terapi Aura

Teknik akupresur ini biasanya dilakukan dengan menekan, memijat-mijat, atau mengurut bagian tubuh tertentu (titik akupresur) yang diharapkan dapat menyeimbangkan kembali Yin dan Yang dalam tubuh, dimana ketika seseorang merasa sakit sebenarnya telah terjadi ketidakseimbangan antara kedua energi tersebut.

Di antara banyak sekali masalah-masalah kesehatan yang dapat disembuhkan menggunakan teknik akupresur ini.

Akupresur adalah terapi dengan menekan titik di bagian tubuh yang merupakan jalur meridian (saluran dalam tubuh yang dilewati energi Chi) dengan penekanan menggunakanb tangan, terutama jempol, sehingga dengan penekanan tersebut akan mempengaruhi Chi (energi), Xie (darah) dan oorgan-organ tubuh baik organ padat (Cang) dan organ berongga (Fu), sehingga keseimbangan panas-dingin tubuh bisa harmonis, daya tahan tubuh meningkat, seingga patogen penyakit bisa ditangani oleh imunitas tubuh tersebut (Wei Chi).

BACA JUGA:  Melatih Otot-otot Oblik

Akupresur dengan akupuntur secara prinsip sama, hanya perbedaannya ialah pada cara merangsang jalur meridian itu kalau pada akupuntur dipakai alat yaitu jarum kalau dengan akupresur dengan menggunakan pijatan jari atau tangan.

Setiap orang bisa melakukan akupresur (akupuntur tanpa jarum), pria dan wanita, karena akupresur tidak membutuhkan tenaga yang besar, sehingga wanitapun bisa melakukannya, tentunya setelah mengetahui dasar-dasar tehnik akupresur.

Terapi akupresur bisa dilakukan terhadap semua orang, mulai bayi hingga orang dewasa dan lansia, dengan tekanan-tekanan yang disesuaikan, dan waktu penekanan yang berbeda-beda, untuk bayi cukup dengan usapan-usapan atau penekanan yang sangat lembut.