Stabilitas Sendi: Susunan Ligamen dan Otot dan Connective Tissue


Susunan ligamen dan ototLigamen, otot, dan tendon otot relatif mempengaruhi stabilitas sendi.

Pada beberapa sendi seperti knee dan shoulder, dimana konfigurasi tulang pembentuk sendinya terutama tidak stabil.


Namun ketegangan ligamen dan otot dapat memberikan kontribusi secara signifikan terhadap stabilitas sendi dengan membantu mempertahankan ujung tulang pembentuk sendi secara bersama-sama.

Jika jaringan otot lemah akibat disuse (inaktivitas) atau ligamen laxity akibat overstretch (peregangan berlebihan), maka stabilitas sendi akan menurun. Ligamen dan otot yang kuat seringkali dapat meningkatkan stabilitas sendi.

BACA JUGA:  Bentuk-Bentuk Pemeriksaan Cerebellum

Sebagai contoh, latihan penguatan (strengthening) pada group otot quadriceps dan hamstring dapat meningkatkan stabilitas knee joint. Susunan yang kompleks dari ligamen dan tendon yang membungkus knee.

Sudut perlekatan sebagian besar tendon pada tulang tersusun sedemikian rupa sehingga ketika otot menghasilkan ketegangan maka ujung tulang pembentuk sendi akan tertarik saling merapat satu sama lain, hal ini akan meningkatkan stabilitas sendi.

Keadaan ini biasanya ditemukan ketika otot sisi lawanannya (antagonis) menghasilkan ketegangan secara simultan (bersamaan).

BACA JUGA:  Fisiologi Biomekanik Sistem Skeletal

Namun demikian, ketika otot mengalami kelelahan, maka otot kurang mampu memberikan kontribusi terhadap stabilitas sendi, dan injury mungkin lebih sering terjadi.

Ruptur ligamen cruciatum paling sering terjadi ketika ketegangan pada otot yang lelah disekitar knee tidak cukup untuk melindungi ligamen cruciatum dari peregangan (stretch) yang melampaui batas elastiknya.

Jaringan penyambung lainnya (connective tissue)

Jaringan penyambung fibrous yang berwarna putih dikenal sebagai fascia. Fascia mengelilingi atau membungkus otot dan bundel serabut otot didalam otot, memberikan proteksi dan support.

BACA JUGA:  Bentuk dan Tipe Sendi Synovial

Suatu fascia yang sangat kuat atau traktus fascia yang menonjol dikenal sebagai traktus iliotibial band yang melintas pada sisi lateral knee dapat memberikan kontribusi terhadap stabilitas knee.

Fascia dan kulit pada lapisan luar tubuh merupakan jaringan lainnya yang memberikan kontribusi terhadap integritas sendi.