Tanda Hepatitis A


Hepatitis A adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A, yang menyebabkan peradangan pada hati dan mempengaruhi kemampuannya untuk berfungsi dengan baik. Kebanyakan orang terinfeksi dengan virus yang sangat menular dengan mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi atau air atau dengan berada di kontak dekat dengan seseorang yang sudah terinfeksi. Mari kita lihat beberapa penyebab infeksi ini sebelum pergi ke gejala-gejala penyakit ini.

Penyebab hepatitis A


Seperti disebutkan sebelumnya, virus hepatitis A adalah alasan di balik hepatitis A. Virus ini sangat menular dan dapat menyebar ketika sejumlah kecil tinja terkontaminasi dikonsumsi oleh individu. Berikut beberapa cara bahwa virus ini dapat memasuki tubuh Anda:

Jika seseorang terinfeksi dengan virus ini tidak mencuci tangan nya dengan benar setelah menggunakan toilet dan menangani makanan yang Anda makan

BACA JUGA:  Jenis Appendisitis Pada Kehamilan

Jika Anda minum air yang terkontaminasi
Jika Anda makan kerang mentah yang diambil dari air yang telah tercemar dengan kotoran
Jika Anda datang dalam kontak dekat dengan seseorang yang memiliki infeksi
Jika Anda berhubungan seks dengan seseorang yang terinfeksi virus
Jika darah yang Anda terima selama transfusi darah mengandung virus

Setelah virus memasuki tubuh, ia akan menginfeksi sel-sel hati dan menyebabkan peradangan pada organ ini. Hal ini dapat merusak fungsi dan menyebabkan Anda mengalami tanda-tanda dan gejala Hepatitis A.

Gejala hepatitis A

Tanda-tanda umum dan gejala hepatitis A adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:  Pengaruh Hepatitis Virus Pada Kehamilan dan Janin

Kelelahan
Urin berwarna gelap
Mual dan muntah
Nyeri atau ketidaknyamanan di daerah di mana hati berada, yang ada di sisi kanan perut di bawah tulang rusuk yang lebih rendah
Kehilangan nafsu makan
Demam
Nyeri pada otot
Gatal
Pucat atau tanah liat berwarna tinja
Ikterus atau menguningnya kulit dan mata

Tidak semua orang dengan virus berkembang tanda-tanda dan gejala, bagaimanapun, seorang individu yang terinfeksi dengan virus ini dapat mengembangkan gejala-gejala ini dalam waktu 2-6 minggu terinfeksi.

Pengobatan Hepatitis A

Tidak ada perawatan spesifik untuk hepatitis A, bagaimanapun, istirahat dianjurkan selama fase ketika gejala berada di puncak mereka. Kebanyakan orang menjadi lebih baik dalam waktu tiga bulan. Orang lain mungkin butuh enam bulan untuk mendapatkan yang lebih baik. Alkohol, makanan berlemak, dan zat lain yang dapat menjadi racun bagi hati harus dihindari selama periode ini. Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki tanda-tanda di atas dan gejala hepatitis A. Vaksin atau terapi imunoglobulin dapat membantu jika Anda pikir Anda telah terinfeksi oleh virus. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda makan di restoran yang laporan wabah hepatitis A, seseorang yang dekat dengan Anda didiagnosis dengan gangguan ini, Anda memiliki kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi virus, atau jika Anda berbagi disuntik obat dengan seseorang yang mungkin terinfeksi dengan virus.