Defenisi Pencemaran Bau dan Penyebabnya


Pencemaran bau menyebabkan ketidaknyamanan kepada penduduk di persekirannya. Bau yang busuk dan menjijikan menyulitkan pernafasan. Udara tercemar dan mengganggu aktivitas harian penduduk.

Antara penyebab pencemaran bau adalah


Dari area pembuangan sampah
Tumpukan sampah di tempat pembuangan sampah yang biasanya terletak di sebelah kantin sekolah sering menimbulkan bau busuk dan ini mengganggu kenyamanan warga sekolah.

Dari area peternakan ayam
Sikap segelintir penduduk yang memelihara ayam dekat pagar sekolah, juga menganggu kenyamanan warga sekolah. Bau busuk najis ayam memang mengganggu proses pengajaran dan pembelajaran terutama di waktu pagi!

BACA JUGA:  Tujuan korupsi

Dari area bisnis toko-toko makanan
Pembuangan sisa-sisa makanan ke dalam longkang oleh pedagang toko makan menyebabkan selokan tersumbat. Keadaan ini dapat menimbulkan bau busuk jika berlangsung.

Dari aliran parit yang tersumbat
Air limbah dari sektor perumahan yang dialirkan ke dalam parit dapat juga mendatangkan polusi bau, bila parit ini dipenuhi sampah-sampah yang menyebabnya tersumbat.

Dari sikap pengguna
Petunjuk toilet tanpa usaha untuk menjaga kebersihannya juga menyebabkan terjadinya pencemaran bau. Sikap mahasiswa yang menyerahkan tugas membersihkan toilet ke karyawan swasta di sekolahnya menyebabkan mereka tidak menjaga kebersihan toilet setelah menggunakannya.