Palpasi Musculus Lattisimus Dorsi dan Serratus Anterior


Musculus Lattisimus Dorsi

Otot ini menyebar dari origonya di crista iliaca menuju shoulder kemudian berputar dimana sebelumnya berinsertio pada dasar celah bicipital humerus.


Kamu bisa mempalpasi disekitar insertio lattisimus dorsi ketika memeriksa dinding posterior axilla. Dengan abduksi lengan akan membuat lattisimus dorsi lebih tampak sepanjang lipatan costa hingga ke axilla. Letakkan ibu jarimu di dasar axilla. Untuk mempalpasinya gerakkan ke empat jari-jari menyebar dan menyilang pada bagian posterior dan palpasi dilanjutkan ke kaudal  ke arah crista iliaca hingga ke awal musculus lattisimus dorsi. Palpasi lattisimus dorsi yang sebelahnya dan bandingkan. lattisimus dorsi jarang mengalami gangguan , meskipun pasien sering menyamakannya dengan “tarikan otot” dan biasanya hanya mempunyai gejala klinik yang kecil.

BACA JUGA:  Palpasi Jaringan Lunak (Bursa subacromial dan Subdeltoid) di Area Klinik

Musculus Serratus Anterior

Bisa dipalpasi selama mempalpasi dinding medial axilla, sekarang palpasi lagi pada saat jari-jari bergerak menyilang. Tandai otot ini (sepanjang kosta 1 hingga 8) seperti sudut sebuah pisau. Musculus serratus anterior biasanya menyebabkan wing scapula dengan mendekatkan pada sisi vertebra scapula ke arah rongga dada.