Menulis, Terapi Untuk Kesehatan


Terapi! Satu kata yang identik dengan penyembuhan diri dan proses pernormalan kembali suatu kinerja tubuh sebagaimana mestinya, baik yang bersifat fisik maupun psikis. Terapi identik dilakukan oleh ahli klinis, seperti dokter, psikiater, maupun psikolog. Terapi digunakan sebagai langkah untuk mengaktifkan kembali kinerja tubuh yang dianggap mempunyai masalah. Jadi, terapi dimaksudkan agar mempercepat proses penyembuhan yang dilakukan oleh para ahli klinis tersebut.
Bagi sebagian orang, menulis dianggap membosankan. Buang waktu hanya untuk sebuah tulisan yang belum tentu dibaca, disukai atau dinikmati orang lain. Sah-sah saja sih berpendapat seperti itu karena tiap orang punya kepentingan dan keinginan yang berbeda dengan menulis. Menulis membuat hidup menjadi bergairah. Letupan-letupan perasaan, gejolak gagasan, menuntun jari-jemari untuk mengeja huruf demi huruf, merangkai kata demi kata, menuturkan kesatuan pikiran dan perasaan. Kebebasan menulis berpijak pada keleluasaan menuangkan segala rasa yang dirasakan, tidak terbatas pada aturan-aturan penulisan. Menulis bukan sekedar merangkai sejumlah kata-kata hingga menjadi sebuah alur cerita yang memiliki makna. Menulis bisa membuat perasaan bahagia yang luar biasa. Menyembuhkan berbagai trauma dan menjadi terapi jiwa.
Menulis tentang pengalaman dan perasaan yang tertekan nampaknya sangat mudah. Yang menjadi masalah adalah bagaimana menentukan agar tulisan tersebut bermanfaat untuk kesehatan. Menulis yang dapat menjadi terapi yaitu :

  • Jangan terpaku pada topik yang tidak perlu, misalnya pengalaman yang menyakitkan. Ini akan menjadikan berpikir kebelakang, dan sakit hati kembali terbuka. Buat topik yang memotivasi untuk lebih maju
  • Lakukan secara obyektif, tuangkan secara jujur keinginan yang menyenangkan.
  • Jangan pikirkan tata bahasa.Jangan pikirkan ejaan atau aturan penulisan apapun. Lupakan semuanya.
  • Buatlah tulisan yang membuat menjadi senang,semangat untuk masa depan.
  • Jangan terpancang waktu, kapan dan dimanapun ingin menulis untuk menuangkan keinginan yang menyenangkan.
BACA JUGA:  Fisioterapi dan Sehat – Sakit Kapasitas Fisik dan Kemampuan Fungsional

Keadaan yang menyenangkan dimasa depan atau cita-cita yang dituangkan dalam tulisan biasanya
lebih motivasional untuk mewujudkan, sehingga perasaan sakit,sedih, atau yang tidak mengenakan
secara pelan akan hilang.


Get cash from your website. Sign up as affiliate.