Bahaya Diastolik Tinggi


Bahaya Diastolik TinggiSebelum saya menjelaskan bahaya tekanan darah tinggi diastolik, izinkan saya menawarkan Anda sedikit latar belakang tentang bagaimana sistem peredaran darah.

Setiap kali jantung Anda berdetak, mendorong darah ke dalam sistem pembuluh darah Anda (arteri, kapiler dan vena adalah jenis pembuluh darah).


Tekanan adalah pengukuran kekuatan melawan dinding arteri Anda selama proses ini. Tekanan darah tinggi ketika jantung berdetak. Hal ini disebut tekanan sistolik. Ketika hati Anda beristirahat, antara ketukan, tekanan Anda turun ke tingkat terendah. Ini adalah tekanan diastolik.

Jika Anda pernah mengunjungi dokter Anda, Anda tahu bahwa ketika ia mengambil tekanan darah Anda, dia selalu akan melaporkan pembacaan menggunakan kedua angka, sistolik dan tekanan diastolik.

BACA JUGA:  Plasma Darah

Tekanan sistolik adalah nomor pertama atau atas, dan tekanan diastolik adalah nomor kedua atau bawah. Jika Anda membaca adalah 120/80, dokter Anda mungkin akan memberitahu Anda “120 atas 80”.

Sekarang, menangkap dengan tekanan darah tinggi diastolik adalah bahwa hanya salah satu dari angka-angka ini perlu bagi Anda untuk memiliki hipertensi.

Jika mereka berdua tinggi, yah, itu umumnya sedikit lebih tentang. Tetapi tekanan diastolik tinggi dapat khususnya mengenai bagi orang-orang muda. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu merupakan indikator risiko yang penting untuk serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan kondisi serius lainnya.

BACA JUGA:  Pembuluh Darah

Bagi orang-orang di atas usia 55, tekanan diastolik secara alami akan mulai berkurang, sedangkan tekanan sistolik biasanya mulai meningkat dan menjadi lebih penting.

Tapi apa akibat tekanan tinggi diastolik?

80 dianggap baseline. Ketika membaca diastolik Anda jatuh antara 80-89, maka Anda umumnya dianggap pra-hipertensi dan saatnya untuk mulai membayar perhatian. Jika nomor berjalan di atas 90, maka situasi ini dianggap cukup serius bahwa upaya-upaya harus dilakukan untuk menurunkannya. Upaya mungkin termasuk perubahan dalam diet Anda, eliminasi faktor stres dalam, obat hidup Anda atau kombinasi dari semua.

BACA JUGA:  Gangguan Pembekuan Darah

Ini juga penting untuk dicatat di sini bahwa satu tinggi tekanan darah diastolik tidak selalu menunjukkan tekanan darah tinggi. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi membaca. Misalnya, stres.

Jika Anda terlambat untuk janji dokter Anda atau jika Anda menemukan mengunjungi dokter yang akan stres, ini dapat mempengaruhi hasil Anda.

Inilah sebabnya mengapa dokter Anda akan ingin mencatat pembacaan tekanan Anda. Bahkan, jika Anda memiliki pembacaan yang tinggi, ia mungkin mengundang Anda untuk kembali dalam beberapa hari untuk melakukan tindak lanjut membaca hanya untuk memastikan bahwa yang pertama tidak penyimpangan.