Defenisi Vertigo


Vertigo adalah suatu kondisi menyedihkan yang dapat menyertai beberapa kondisi medis. Hal ini dapat sedikit tidak nyaman, atau bisa menjadi berat dan benar-benar melumpuhkan. Hal ini dapat menemani pilek, atau dapat disebabkan oleh masalah lain yang mendasari. Dengan definisi, itu adalah sensasi gerakan berputar. Ketika orang yang terkena merasa seperti dia bergerak, itu disebut vertigo subjektif. Ketika ia merasa seolah-olah lingkungan di sekitarnya bergerak, hal itu disebut vertigo obyektif.

Mekanisme untuk keseimbangan adalah kombinasi hati-hati diatur dari sensor di telinga tengah, dan mekanisme otak yang menafsirkan sinyal mereka. Ketika sensasi berputar berasal dari fungsi abnormal dalam mekanisme telinga tengah penginderaan, hal itu disebut vertigo perifer.


Ketika itu terjadi dari mekanisme otak rusak, hal itu disebut vertigo sentral. Karena salah satu tujuan dari mekanisme ini adalah untuk menjaga mata terfokus sementara kepala bergerak, ada jalur kompleks untuk pusat gerakan mata yang disebut vestibular-mata refleks – ini disebut Barneys uji. Barneys tes dilakukan dengan meletakkan orang di belakang mereka dengan bahu di pinggir meja periksa dan kepala berbaring mundur dengan pasien mencoba untuk melihat di atas kepala mereka. Dokter duduk di atas bangku dan mengatakan pasien tidak bergerak tengkorak sama sekali. Ia menempatkan jarinya satu kaki dari hidung kemudian memberitahu pasien untuk tidak memindahkan tengkorak dan memberitahu pasien untuk melihat ujung jari dokter. Dia kemudian mengambil tangan kanan dengan cepat dan berhenti di tepi lapangan visual dan melihat mata pasien, memegang jari selama 10 detik. Dia kemudian mengulangi ke sisi yang berlawanan.

BACA JUGA:  Ketegangan Pada Ibu Hamil

Jika orang tersebut adalah normal, mata terlihat kanan dan kiri. Namun jika pasien positif untuk Barneys bila jari dibawa ke kanan tepi jauh dan kiri kepala pasien mata berosilasi – ia pergi bolak-balik, kanan dan kiri 2-5 kali per detik di ekstrim kanan dan kiri . Ini disebut nistagmus. Nistagmus hanya terjadi ke sisi di mana setengah lingkaran telinga bagian dalam kanal yang jengkel dan menentukan penyebab labyrinthitis atau vertigo vestibular perifer dan menunjukkan sisi dari masalah yang mempengaruhi. Ketika ada vertigo, sebagian besar waktu ada gerakan mata yang abnormal yang disebut nistagmus yang dapat diamati dan digunakan dalam proses diagnostik.

Organ penginderaan untuk kebohongan keseimbangan dalam telinga tengah dan terdiri dari kanal berbentuk setengah lingkaran, organ otolith dari utrikulus, dan sakulus tersebut. Saraf kranial-8 membawa sinyal gerakan ke daerah otak termasuk serebelum berdasarkan gerakan cairan di dalam organ-organ ini. Beberapa hal dapat mempengaruhi organ-organ keseimbangan. Ada dapat infeksi dalam diri mereka, akan ada terlalu banyak cairan, atau ada dapat menjadi batu kecil terpental sekitar dalam, memberikan sinyal bersalah. Saraf dapat menjadi meradang atau tumor dapat mengembangkan hanya melibatkan saraf.

Satu kondisi yang sangat tidak nyaman dari organ perifer adalah Meniere ‘s penyakit. Hal ini diduga timbul dari cairan endolymph terlalu banyak. Hal ini menyebabkan kehilangan pendengaran sementara, progresif dering di telinga, dan sensasi berputar parah vertigo dan sering berkembang menjadi tuli. Hal ini cenderung untuk datang sangat cepat, dan kemudian benar-benar bisa pergi untuk periode waktu. Bentuk paling umum dari vertigo perifer adalah BPPV, atau vertigo paroksismal jinak posisional. Hal ini biasanya dimulai oleh gerakan kepala yang cepat, dan dapat disebabkan oleh infeksi atau batu. Hal ini biasanya dapat diobati dengan obat-obatan seperti meclizine, dan sering membersihkan dengan gerakan posisi kepala khusus dan latihan.

BACA JUGA:  Artritis Dan Penangananya

Mekanisme otak yang dapat menyebabkan vertigo ditemukan sebagian besar di otak kecil. Salah satu kondisi tertentu yang dapat menyebabkan vertigo sentral dalam bidang ini adalah penyakit jantung dimana ada masalah dengan aliran darah. Bentuk yang paling parah ini akan stroke baik dari aliran darah terlalu sedikit atau perdarahan fokal. Gejala ini tampaknya akan lebih gigih dan kurang spesifik parah dari vertigo perifer. Masalahnya adalah bahwa hal-hal yang menyebabkan vertigo pusat dapat menyebabkan cacat berat dan kematian. Sedangkan, penyebab penyakit perifer biasanya tidak mengancam nyawa. Tes diagnostik untuk vertigo sentral mungkin CT scan atau MRI, dan pengobatan mungkin diarahkan menurunkan risiko kardiovaskuler. Ada gejala vertigo sentral yang dapat menyenangkan dan perlu evaluasi langsung seperti penglihatan ganda, kesulitan bicara, kesulitan dengan gerakan lengan dan kaki, perubahan tingkat kesadaran, atau sakit kepala parah.

BACA JUGA:  Fisiologi Kehamilan

Beberapa penyebab lain dari vertigo sentral mungkin bahwa yang mendahului sakit kepala migrain. Terkadang vertigo dapat psikogenik disebabkan oleh efek stres parah kecemasan dan depresi pada otak. Kadang-kadang itu bisa menjadi gejala dari gangguan neurodegenerative seperti multiple sclerosis, atau trauma tertentu. Para korban serangan gas Sarin di kereta bawah tanah Tokyo telah episode vertigo sangat spesifik setelah cedera dalam peristiwa itu. Serangan vertigo korban Sindrom Perang Teluk juga dianggap karena cedera otak dari neurotoksin.

Jadi apa pesan yang dibawa pulang? Nah, vertigo adalah gejala yang umum biasanya disebabkan oleh diri-terbatas penyakit seperti infeksi virus, meskipun ada penyebab lain dapat banyak. Ada pengobatan efektif pil atau patch yang dapat mengontrol gejala. Seseorang perlu berhati-hati saat mengalami vertigo sehingga tidak jatuh atau terlibat dalam kecelakaan mobil. Istirahat dan tidak ada gerakan adalah fondasi penting dari pengobatan. Sebagian besar kasus vertigo dapat dikelola oleh dokter perawatan primer, meskipun, beberapa akan perlu dirujuk ke ahli saraf atau spesialis telinga / hidung / tenggorokan (THT). Ada tanda peringatan dengan vertigo yang perlu evaluasi mendesak, terutama ketika mereka menyarankan stroke. Ada modalitas pengobatan lain, khususnya dengan vertigo perifer, yang dapat membawa tahan lama meredakan gejala, seperti diuretik untuk Meniere atau latihan posisi atau manuver untuk BPPV. Semua dalam semua, mungkin terbaik untuk melihat dokter Anda segera jika Anda memiliki vertigo.