Sistem Piramidalis


Neuron-neuron yang mencetuskan impuls somatomotorik adalah sel-sel di lamina V atau lamina ganglionaris didalam corteks cerebri. Sel-sel tersebut dikenal sebagai sel piramidal dari Betz yang terdapat didalam area 4 lobus frontalis.

Sistem Piramidalis


Kemudian axon-axonnya berproyeksi secara teratur ke corpus striatum, thalamus, batang otak dan medulla spinalis. Axon-axon tersebut muncul dari girus temporalis dan girus frontalis (area 3, area 4 dan area 6).

Area 4 dan area 6 terletak didalam lobus frontalis. Area 4 merupakan area motorik primer yang berada tepat di girus presentralis.

BACA JUGA:  Sistem Lever

Pada area ini terdapat peta daerah perwakilan bagian-bagian tubuh sisi kontralateral yang dikenal dengan homunculus motorik. Sedangkan area 6 merupakan area premotorik yang ikut terlibat didalam menstimulasi gerakan.

Kemudian serabut-serabut kortikofugal yang berasal dari corteks cerebri memasuki inti-inti di pes pontis menjadi traktus parietotemporopontinus dan traktus frontopontinus.

Sedangkan serabut-serabut kortikofugal yang melanjutkan diri ke medulla oblongata terdiri dari traktus kortikobulbar dan traktus kortikospinalis, yang terkumpul dalam piramis.

Traktus kortikospinalis yang menuju ke medulla spinalis terbagi kedalam traktus kortikospinalis lateral yang menuju ke funikulus posterolateral kontralateral medulla spinalis (yang menyilang) dan traktus kortikospinalis ventralis yang menuju ke funikulus ventralis ipsilateral medulla spinalis .

BACA JUGA:  Mekanisme Dasar Dari Gerakan

Sementara serabut-serabut dari traktus kortikobulbar berjalan menyilang garis tengah dan menuju ke motoneuron/inti-inti saraf cranial motorik (n.III, n.IV, n.V, n.VI, n.VII, n.IX, n.X, n.XI dan n.XII).

Perjalanan traktus kortikospinalis lateral dan ventral, semakin ke caudal semakin kecil jarasnya, karena banyak serabut sudah mengakhiri perjalanannya.

Pada bagian cervical terdapat 55 % jumlah serabut kortikospinalis, sedangkan pada bagian thoracal dan lumbosacral berturut-turut mendapat 20 % dan 25 % serabut kortikospinal