Terjadinya Nekrosis


Avascular nekrosis adalah istilah yang digunakan untuk kematian jaringan tulang karena kurangnya suplai darah, menyebabkan fragmentasi tulang dan akhirnya runtuh. Kepala tulang pinggul paling sering terkena akibat kondisi ini, namun tulang-tulang lain mungkin akan terpengaruh juga. Gejala yang paling umum adalah nyeri di daerah setempat, yang diperparah oleh gerakan. Trauma, penggunaan jangka panjang steroid, konsumsi alkohol berlebihan, dan penyakit kronis seperti kelainan darah dan gangguan kekebalan auto penyebab kondisi ini. Penyakit ini bersifat progresif dan mungkin memerlukan manajemen umur panjang.

Pengobatan Ayurvedic dari nekrosis avascular ditujukan untuk mengobati rasa sakit, meningkatkan pasokan darah ke tulang yang terkena dan mencegah kerusakan tulang. Obat-obatan seperti Yograj-Guggulu, triphala-Guggulu, Maha Rasnadi-Guggulu, Maha Ppn-Vidhvans-Ras, Ppn-Gajankush-Ras, Maha Rasnadi-qadha, Dashmoolarishta, Nirgundi (Vitex negundo), Rasna (Pluchea lanceolata), Tagar (Valeriana wallichii), Guggulu (Commiphora mukul), Shallaki (Boswelia serrata) dan ovum Khurasan (hyocyamus niger) digunakan untuk mengurangi nyeri dan kekakuan pada tulang yang terkena dan sendi. Obat-obatan seperti Tapyadi-Loh, Ekang-Veer-Ras, Kaishor-Guggulu, Trayodashang-Guggulu, Maha Manjishthadi-qadha, Saarivadi-Churna, Manjishtha (Rubia cordifolia), Saariva (Hemidesmus indicus), Patol (Tricosanthe dioica), Patha ( Cissampelos Pareira), Pasti (Cyperus rotundus), Kutki (Picrorrhiza kurroa), Guduchi (Tinospora cordifolia) dan amalaki (Emblica officinalis) digunakan untuk meningkatkan pasokan darah ke tulang yang terkena. Obat-obatan seperti Laxadi-Guggulu, Praval-Panchamrut-Ras, Shankh-Bhasma, Shrung-Bhasma, Laxa (dimurnikan lilin) ??dan Asthishrunkhala (Cissus quadrangularis) digunakan untuk memperkuat tulang dan mencegah keruntuhan tulang dan sendi.


BACA JUGA:  Flu Di Malam Hari

Aplikasi lokal dapat dilakukan pada daerah yang terkena menggunakan minyak obat seperti Mahanarayan minyak, Mahamash minyak, Chandan-Bala-Laxadi minyak dan minyak Vishgarbha. Hal ini diikuti dengan kompres uap dilokalisasi menggunakan obat-obatan seperti Dashmool-qadha dan Nirgundi-qadha. Program berulang enema obat yang dikenal sebagai ‘Tikta-Ksheer Basti’ diberikan untuk mencegah kerusakan pada tulang yang terkena. Enema ini disiapkan dengan susu mendidih dengan obat-obatan seperti Guduchi, Patol, Nimba, Indrayav dan Chirayta (Swertia chirata).

Jika tidak diobati, nekrosis avascular dapat menyebabkan sakit parah dan hilangnya gerakan dalam 2 sampai 5 tahun. Diagnosis dini dan pengobatan segera memulai karena itu sangat penting. Pengobatan Ayurvedic dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses pemulihan dalam kondisi ini. Semua orang terpengaruh dengan kondisi ini harus di bawah perawatan rutin dan pengawasan dari Bedah ortopedi.