Anatomi Sendi Tangan


Sendi tangan terdiri dari lima tulang metacarpal (empat jari dan ibu jari) terdiri dari tulang kecil yang disebut falang.


Setiap jari memiliki tiga falang (proksimal, tengah, dan distal), jempol memiliki dua (proksimal dan distal). Angka dan sinar metakarpal diberi nomor dari 1 sampai 5, dimulai dengan jempol.

Para metacarpals dan falang adalah tulang panjang. Masing-masing memiliki poros.

Ujung proksimal atau dasar setiap tulang memiliki permukaan artikular dalam hubungannya dengan tulang yang berdekatan.

BACA JUGA:  Biomekanik Pada Hip Joint

Ujung distal tulang atau kepala masing-masing (kecuali falang distal) juga memiliki permukaan sendi. Dalam falang distal, ujung distal disebut membanggakan, memiliki permukaan sendi, tetapi menyediakan koneksi untuk jaringan lunak dari titik-titik digital.

Sendi tangan dan pergelangan tangan adalah nama dari tulang mereka terhubung. Setiap jari memiliki dua sendi interphalangeal, distal dan proksimal.

Ibu jari hanya memiliki satu sendi interphalangeal. Di antara falang proksimal dan metacarpals adalah buku-buku jari atau sendi metakarpofalangealis.

BACA JUGA:  Carpometacarpal I-V, Metacarpophalangeal Dan Interphalangeal Joint

Tulang metakarpal mengartikulasikan dengan pergelangan tangan untuk membentuk lima sendi carpometacarpal. Sendi pertama memiliki permukaan yang memungkinkan Anda untuk bergerak ke segala arah.

Hal ini memberikan jempol Kebebasan pergerakan: fleksi dan ekstensi (sejajar dengan telapak tangan), penculikan dan adduksi (sudut kanan dengan telapak tangan), dan rotasi.

Selain itu, metakarpal pertama diatur pada sudut 90 derajat dari bidang empat metakarpal lain, sehingga jempol dapat menghubungi masing-masing jari. Keberlakuan jempol dapat mencubit, pegang dan memanipulasi objek efisien.